Ibu Hamil Wajib Baca, Ini Loh Makanan Paling Sehat dan Bernutrisi Buat Ibu Hamil Untuk Kesehatan Bayinya

Liputan77.com - Tahukah Anda bahwa Ibu hamil perlu banyak makan makanan sehat dan bernutrisi saat kehamilannya. Sebenarnya sih ada banyak nutrisi yang perlu dicukupi ibu hamil untuk perkembangan bayi yang sehat. Dan saat memasuki trimester kedua, salah satu makanan wajib yang sangat disarankan dikonsumsi adalah telur.



Alasannya ?

Memasuki trimester kedua, ibu hamil wajib mengkomsumsi banyak makanan yang mengandung kalsium serta vitamin D. Nutrisi ini membantu perkembangan dan pertumbuhan tulang dan gigi yang kuat pada calon bayi. Dan ternyata telur jadi salah satu makanan yang murah dan mudah didapat, serta cocok jadi menu rutin pada masa trimester kedua kehamilan.

Telur memiliki lebih dari 12 vitamin dan mineral, terutama kandungan protein, yang sangat dibutuhkan saat hamil. Elizabeth Ward, ahli diet dan penulis buku kehamilan Expect the Best, Your Guide to Healthy Eating Before, During, and After Pregnancy mengatakan dalam Babycenter.com bahwa kamu bisa mendapatkan sekitar 90 kalori dari telur dan mendapat asupan protein yang cukup untuk perkembangan sel-sel bayi dan dirimu sendiri.

Tidak hanya itu telur juga kaya kolin, yang membantu perkembangan otak bayi dan pertumbuhan fisik sehat secara umum. Telur juga mengandung asam lemak omega-3 yang juga sangat dibutuhkan oleh wanita hamil di trimester kedua, kandungan omega-3 ini membantu perkembangan otak dan membuat penglihatan jadi  sehat pada bayi.

Tapi kemudian muncul pertanyaan,  jika makan banyak telur, lantas bagaimana dengan risiko kolesterol? 

Ternyata ibu hamil tidak perlu khawatir, telur cenderung punya kandungan lemak jenuh rendah. Dan wanita hamil dengan kadar kolesterol normal bisa mengonsumsi 1-2 telur per hari untuk kebutuhan nutrisi seimbang bagi tubuh dan bayinya.

Tapi Ingat, Telur Harus di Masak

Tapi perlu diingat dan diketahui  juga bahwa telur yang akan dikomsumsi harus dimasak dan dimakan matang, karena ibu hamil dilarang makan telur mentah maupun telur setengah matang.
loading...