Tahukah Kamu? Inilah Negara paling Damai Didunia? Dan Ternyata Ini Loh Rahasianya

Liputan77.com - Tahukah kamu negara itu? Dan Ternyata adalah Kesultanan Oman, kesultanan oman  merupakan sebuah negara yang sangat terkenal di dalam sejarah dunia dari dulu. Dahulu kala, wilayah kekuasaan Kesultanan Oman terbentang wilayahnya dari Pakistan hingga ke pesisir tenggara Afrika di benua afrika. Pada Saat ini, selain terkenal alam sejarah dunia Oman juga terkenal sebagai negara paling  damai dan rukun meski beragam penduduknya baik itu agama budaya maupun suku.


Menurut Duta Besar Kesultanan Oman yang ada di Indonesia, Sayyid Nazar AL SAID menceritakan bahwa, sejak dulu kala Kesultanan Oman sudah memiliki  semacam sistem  tatanan sosial dan tatanan hukum di mana semua orang baik pejabat maupun rakyat kecil dipandang sama di depan hukum tanpa ada pengecualian sedikitpun. 

Masyarakat Oman dari dulu  tidak membeda-bedakan orang berdasarkan baik dari  latar belakang apa pun. Semua masyarakat mendapat  perlakuan dengan sama adilnya.  "Jadi, hidup rukun berdampingan dalam  damai  di sejarah Kerajaan Oman sudah dilakukan sejak dari dulu," Sayyid menuturkan. 

Lanjut Menurut Sayyid, masyarakat kerajaan Oman sejak dari dulu sudah mempunyai tingkat kesadaran yang tinggi. Mereka sadar bahwa negara tempat mereka tinggal
 dan tanah kelahiran merupakan prioritas pertama dan  nomor wahid. Jadi masyarakat negara Oman lebih memilih untuk sepakat pada hal-hal yang mempersatukan dan menguatkan, bukan yang membeda-bedakan mereka sehingga  mereka (masyarakat Oman) dapat hidup bersama secara damai harmonis.

Dan menurut pendapat Ketua dari  Rabithah Alawiyah, yaitu  Zen Umar Sumaith yang dulu sudah pernah beberapa kali menjalin dan melakukan perjanjian  kerja sama dengan Kesultanan dari Oman, satu hal yang paling sangat menonjol dari negara Oman adalah pemerataan  pertumbuhan ekonomi untuk semua kalangan rakyatnya. Di negara  Oman tidak ada orang yang terlalu jauh persentase perbedaan kesejahteraan hidupnya antara satu dengan yang lainnya  itu.

"Karena ekonomi baik, yah pemerataannya juga baik," Ujar Sayyid.  

Zen Umar berpendapat bahwa  sepanjang sultan Oman berbuat adil, rakyat Oman akan menerimanya dengan baik pula. "Meski pun ada gerakan Arab Spring, mereka  sama sekali  tidak terganggu karena terjaga dengan kesejahteraan," unggkap Zen Umar
loading...