5 Fakta Mengenai Uang Keluaran Terbaru di Pemerintahan Jokowi

Liputan77.com - Kini Indonesia Punya Cetakan Uang baru Loh. Pengumuman resmi atas keluarnya cetakan uang terbaru di semua pecahan, dan tampilannya sangat berbeda dari tampilan uang yang lama. Perubahan tampilan mata uang ini terjadi di semua pecahan. Yaitu pecahan 100.000, 50.000, 20.000, 10.000, 5.000, 2.000, 1000, 500, 100.

Namuh hal yang paling menarik perhatian  tampak di perdebatkan oleh para netizen di dunia maya. Ada yang mengatakan bahwa tapilan uang baru yang akan beredar tersebut sangat mirip dengan mata uang China yaitu Yuan.

Penasaran dengan tampilan uang baru, Yuk Intip 5 Fakta Mengenai Uang Keluaran Terbaru di Era Jokowi :

1. Berubah di Semua Pecahan, tanpa Terkecuali

Pada penampilan cetakan terbaru uang rupiah, nampak bahwa pergantian desain dan tampilan hampir 100 persen pada penampilan dan semua pecahan baik pada pecahan uang kertas maupun pada pecahan recehan. Hal ini sangat berbeda dengan uang-uang baru yang dikeluarkan oleh Bank Indonesia pada masa-masa sebelumnya. 

2. Mirip Dengan Mata Uang Asing (Yuan China)

Banyak netizen menanggapi tampilan uang baru yang di luncurkan oleh Bank Indonesia baru-baru ini. Baik itu tanggapan positif maupun tanggapan negatif. 

Bahkan beberapa tanggapan netizen yang paling hits didunia maya adalah mereka mengatakan bahwa tampilan uang baru Indonesia sangat mirip dengan mata uang Yuan dari Cina. 

Namun Benarkah?

Maka Penulis mencoba membandingkan mata uang Yuan dan Rupiah sebagaimana tampilan berikut ini, 

Coba perhatikan :

Ini Rupiah
fb

Ini Yuan
fb

3. Pergantian Gambar Pahlawan

Pada Pecahan Uang Rp 50.000-, tampak pergantian gambar pahlawan dari Gusti Ngurah Rai menjadi Ir. H. Djuanda Kartawidjaja. Sedangkan pada pecahan Rp 20.000,- dari Pahlawan Dr.G.S.S.I Ratulangi menjadi Oto Iskandar Dinata. Pada Pecahan Rp 10. 000, dari Frans Kaisiepo digantikan oleh pahlawan mahmud Badaruddin II. Lanjut pada pecahan 5.000,- dari pahlawan Imam Bonjol menjadi Dr. K.H Idham Khalid. Sedangkan Pada Pecahan 2000,- Muhammad Hoesni Thamrin di gantikan oleh Pangeran Antasari. Terakhir adalah pada pecahan uang seribu adalah Cut Meutiah menggantikan Pattimura.

tribun


Sedangkan pada pecahan Uang seratus ribu hanya berubah pada tampilan. Tidak ada perubahan pada gambar pahlawannya

4. Desainnya Katanya Sulit Di Palsukan, Benarkah?

Menurut Direktur Eksekutif Departemen Pengelolaan Uang Bank Indonesia, Suhaedi, uang desain baru tersebut akan dilengkapi dengan unsur pengamanan yang lebih kuat untuk menanggulangi peredaran uang palsu.

fb


"Antara lain melalui penguatan unsur pengaman antara lain dilakukan melalui color shifting, rainbow feature, latent image, ultra violet feature, tactile effect, dan rectoverso," kata Suhaedi dikutip dari laman Sekretariat Kabinet (Setkab).

Lanjut menurut Suhaedi, Dari sisi color shifting, apabila dilihat dari sudut pandang yang berbeda, akan terjadi perubahan warna secara kontras. Dari sisi rainbow feature, apabila dilihat dari sudut pandang tertentu akan muncul gambar tersembunyi multi warna berupa angka nominal

Sedangkan dari sisi latent image, apabila dilihat dari sudut tertentu akan muncul gambar tersembunyi berupa teks BI pada bagian depan dan angka nominal pada bagian belakang. 


loading...