Ternyata Ini Tesis Habib Rizieq Yang di Permasalahkan dan di Tuduh Makar Itu

Liputan77.com - Tesis Habib Rizieq Syihab diketahui telah dilaporkan oleh Sukmawati, Putri Bung Karno, dengan tuduhan penodaan Pancasila sebagai ideologi negara. Kasus ini sempat membuat Habib Rizieq Shihab memenuhi panggilan Mapolda Metro Jaya.



Dikabarkan, dalam pemeriksaan di Mapolda Jawa Barat beberapa waktu lalu, di Kota Bandung pada Kamis, 12 Januari lalu, Habib Rizieq mengaku terkejut lantaran yang dipermasalahkan adalah tesis ilmiah S2 tentang Pancasila yang diangkat pada penelitian Habib Rizieq.

“Kenapa saya katakan terkejut? Karena ini merupakan krimininalisasi tesis ilmiah saya, tesis ilmiah itu yang sudah diuji secara akademik dan dinyatakan lulus cumlaude itu tidak boleh untuk dikriminalisasi,” jelasnya kepada Media.

Dalam tesisnya, Habib Rizieq mengaku membahas tentang sejarah lahirnya Pancasila. Adapun kata habib adalah Yang dikritik olehnya adalah rumusan Pancasila, bukan Pancasila itu sendiri sebagai dasar dan ideologi negara indonesia. dan Ini Judul Tesis Habib Rizieq

Pengaruh Pancasila Terhadap Penerapan Syariat Islam di Indonesia

Tesis ini dibuat Habib Rizieq merupakan syarat untuk lulus dari kuliah S2 di University Malaya. Dengan judul Pengaruh Pancasila Terhadap Penerapan Syariat Islam di Indonesia. Dalam salah satu babnya ada pembahasan tentang sejarah Pancasila.

Di media sosial Facebook, akun Muh. Ihwan justru membuat pengakuan yang menghebohkan publik. Ia menulis dalam Facebook bahwa dirinya telah membaca dengan tuntas seluruh tesis S2 Habib Rizieq. Ia mengaku kagum dengan tesis Habib Rizieq, hingga membuatnya merinding saat membaca tesis tersebut. 

Berikut ini pengakuan Ihwan:

PANCASILA DAN SYARIAH ISLAM

Saya bersyukur sudah tuntas membaca thesis Habib Rizieq ini, merinding membacanya. Tidak seperti yang disangka banyak orang, thesis setebal 329 halaman ini justru memuliakan Pancasila, menjelaskan secara runut dan sistematis dari mulai lahir, tahap-tahap perumusannya, dan ragam tafsirannya dalam berbagai episode kekuasaan. Tesis ini justru memurnikan Pancasila dari distorsi pemahaman yang politis dan menyimpang dari arti dan tujuan Pancasila sebenarnya. 

Terhadap penerapan syariah Islam, bahwa penerapan syariah Islam tidak mustahil, bahkan sangat mungkin diterapkan berdasar pada pemahaman yang benar terhadap Pancasila sebagai Dasar Negara dan sumber perlembagaan hukum di Indonesia. Thesis yang luar biasa, magnum opus!
loading...