Masih Ingat Mobil ESEMKA? Ternyata Itulah Awal Mula Hoax Tingkat Nasional

Liputan77.com - Pemerintah terus membangun opini tengtang pemberantasan berita hoaks atau berita bohong. Bahkan tak tanggung-tanggung pemerintah melalui presiden telah menabuhkan gendang perang untuk memproses siapa saja yang menurut pemerintah menyebarkan berita fitnah dan tidak benar. Namun apa tanggapan netizen tentang hoax?



Tanggapan netizen tentang hoax.

Berbicara tentang HOAX yang lagi marak dibicarakan dan digembar gemborkan pemerintah, netizen di sosial media twitter memberikan statement mengejutkan, seperti kicauan seorang netizen @Oom_Nanang :

"Hoax Tingkat Nasional Itu Berawal Dari Mobil Esemka," kicau akun @Oom_Nanang,
Jumat (20/1/2017).

Dan tak disangka Cuitan ini sontak diamini ribuan netizen. Setidaknya ada sebanyak 570 cuitan ini di retwit oleh para netizen di hari pertama.

Mobil ESEMKA? Kemana Rimbanya?

Masyarakat munkin masih ingat dengan ESEMKA? Nah sebenarnya inilah cikal bakal berita Yang dulu mengantarkan Walikota Solo jadi Gubernur DKI, yang kemudian sekarang menjadikannya Presiden RI.

Apa kabarnya sekarang ESEMKA yang dulu digembar gemborkan akan jadi Mobil Nasional???

Oleh karena itu, dosen filsafat Fakultas Ilmu Budaya Universitas Indonesia (FIB-UI), Rocky Gerung, di ILC TvOne, Selasa (17/1/2017), membuat pernyataan yang sangat membuat kita prihatin dengan kondisi negara kita saat ini :

"Pembuat hoax terbaik adalah penguasa. Karena mereka memiliki seluruh peralatan untuk berbohong. Intelijen dia punya, data statistik dia punya, media dia punya. Itu faktanya. Bahwa hanya pemerintah yang mampu berbohong secara sempurna." Ujar Rocky

Bahkan yang lebih parah lagi akun facebook resmi presiden pun tak luput dari menyebarkan berita hoax. Banyak pengamat media sosial yang beranggapan bahwa jika hoax versi penguasa tak diproses, bagaimana munkin itu terjadi? Sedangkan seharusnya pemerintah memberikan contoh terbaik kepada rakyatnya.
loading...